Infrastrukur
KONDISI INFRASTRUKTUR DASAR
Sebagai bagian dari pembangunan daerah, pembangunan infrastruktur, utamanya infrastruktur dasar di kabupaten diselenggarakan guna memenuhi kebutuhan fasilitas pelayanan umum, baik secara kuatitas maupun kualitas , termasuk didalamnya pertimbangan atas aspek pemerataan. Ketersediaan infrastruktur yang memandai dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong pertumbuhan ekonomi kabupaten.
Pembangunan infrastruktur menjadi sedemikian pentingnya karena merupakan :
1. Tulang punggung produksi dan pola distribusi barang dan penumpang serta mobilitas penduduk;
2. Perekat utama kesatuan antar wilayah (distrik dan kampung);
3. Pemicu pembangunan dan pertumbuhan kawasan;
4. Pembuka keterisolasian daerah / wilayah
5. Salah satu prasyarat kesuksesan pembangunan di berbagai sektor lain, dan salah satu parameter keberhasilan pembangunan secara keseluruhan.
Infrastruktur Dasar utama dimaksud antara lain ; Transportasi (Darat, Laut dan Udara), Energi dan Kelistrikan, Telekomunikasi, Perumahan dan Pemukiman serta Sumber Daya Air.
Pembangunan Sarana dan Prasarana (PUPR,2020)
a. Ruas Jalan
Total ruas jalan yang terindentifikasi di kabupaten Teluk Wondama hingga tahun 2020 sepanjang 243,591km. Panjang jalan terbangun 158,258 Km dan panjang jalan belum terbangun 85,33 Km (Persentase Panjang Jalan terbangun 65%)
Panjang jalan menurut Tingkat Kewenangan Pemerinrah di Kabupaten Teluk Wondama (km),2018-2020
TINGKAT KEWENANGAN PEMERINTAHAN | 2018 | 2019 | 2020 |
NEGARA | 70.81 | 7.081 | - |
PROVINSI | - | - | - |
KABUPATEN | 243.591 | 243.591 | - |
TANPA STATUS | 214.556 | 214.556 | - |
JUMLAH/TOTAL | 528.95 | 528..95 | - |
Sumber : Teluk Wondama dalam Angka 2021
Panjang Jalan Menurut Jenis Permukaan Jalan di Kabupaten Teluk Wondama(km),2018-2020
JENIS PERMUKAAN JALAN | 2018 | 2019 | 2020 |
ASPAL | 128.58 | 128.58 | 128.58 |
KERIKIL | 330.53 | 330.45 | 330.45 |
TANAH | 12.74 | 12.83 | 12.83 |
LAINYA | - | - | - |
JUMLAH/TOTAL | 471.85 | 471.85 |
471.85 |
Sumber : Teluk Wondama dalam Angka 2021
Panjang Jalan Menurut Kondisi Jalan di Kabupaten Teluk Wondama,2018-2020
KONDISI JALAN | 2018 | 2019 | 2020 |
BAIK | 70.81 | 70.81 | - |
SEDANG | - | - | - |
RUSAK | 243.591 | 243.591 | - |
RUSAK BERAT | 214.556 | 214.556 | - |
JUMLAH/TOTAL | 528.95 | 528.95 | - |
Sumber : Teluk Wondama dalam Angka 2021
b. Pembangunan Jembatan Kali,Box Culvert,Gorong-Gorong
c. Jumlah Rumah Tangga Pengguna Air Bersih
PELABUHAN LAUT DAN DERMAGA
Pelabuhan Kuri-Pasai di Wasior
Di Kabupaten Teluk Wondama terdapat 3 pelabuhan laut, yaitu di Wasior,Wondiboi dan di Windesi. Dermaga Wasior berukuran 70 x 8 meter, konstruksi beton, kedalaman 10,5 meter dan kapasitas 1.500 DWT. Adapun Dermaga Windesi berukuran 73 x 8 meter, konstruksi beton dan berkapasitas 1.500 DWT.
Kedua pelabuhan ini telah ditingkatkan agar dapat disandari oleh kapal dengan bobot lebih besar seperti kapal penumpang Pelni.
Hingga tahun 2010 belum ada penambahan jumlah dermaga laut/sungai yaitu baru terdapat 2 dermaga laut yang dimanfaatkan untuk pelayanan penumpang umum dan barang, yaitu Dermaga Wasior dan Dermaga Windesi yang dapat disandari oleh kapal seukuran kapal penumpang Pelni dan Kapal Barang lainnya. Kondisi pelabuhan di beberapa distrik pantai dan pesisir masih belum tersedia dan belum dapat disandari oleh kapal-kapal niaga dan penumpang, sehingga akses di distrik-distrik tersebut dan sebagian besar kampung hanya dipenuhi melalui jetty-jetty (dermaga kecil) terbuat dari kayu.
Selama Tahun 2010, tercatat 3 kapal penumpang dan niaga yang rutin melayani jalur dari luar kabupaten menuju Wasior dan sebaliknya.
Jika dibandingkan terhadap kondisi tahun-tahun sebelumnya maka terjadi perkembangan yang sangat tinggi dalam aktifitas kepelabuhanan baik akses transportasi barang dari luar ke ibukota kabupaten maupun aktifitas perpindahan masyarakat yang lebih tinggi aksesnya. Namun demikian secara keseluruhan kondisi ketersediaan infrastruktur pelabuhan laut belum memadai dan belum merata.
Pelabuhan Sewandaimuni
Pelabuhan Sewandaimuni adalah pelabuhan angkutan sungai,danau dan penyeberangan,pelabuhan ini terletak di distrik wondiboi.
Pembangunan Pelabuhan ini di mulai pada tahun 2015 dengan menggunaka APBN.Setelah selesai pada tahun 2018,fasilitas sisi darat yang terdapat di pelabuhan sewandaimuni cukup lengkap antara lain gedung terminal,pos jaga,ruang genset,rumah dinas,tower air dan penampungan,pagar keliling,jalan masuk ke dermaga,jalan akses dalam terminal,lahan parkir dan landscape,lampu penerangan serta portal pada gerbang pelabuhan.Sedangkan fasilitas sisi perairan terdiri dari mooring dolphin,breasting dolphin,dermaga pelengsengan,trestle,fender,bollard,dan kanopi pada bahu jalan trestle untuk melindungi penumpang dari panas matahari saat berjalan ke kapal.
Sumber :Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XXV Provinsi Papua dan Papua Barat,KEMENTERIAN PERHUBUNGANDIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN DARA.
BANDAR UDARA DAN TRANSPORTASI UDARA
Kondisi akhir infrastruktur transportasi udara dan moda transportasi jenis ini adalah bandar udara Wasior. Bandar udara Wasior ini berada pada ketinggian 16 meter di atas permukaan laut dengan panjang Landasan 900 meter dan lebar landasan 30 meter mampu didarati oleh pesawat jenis DHC-6 atau twin otter.
Frekwensi rata-rata penerbangan dari dan ke Manokwari 1 kali sehari. Akses penerbangan dari Wasior ke wilayah belum tersedia secara reguler sehingga penjangkauan dilakukan melalui sistem charteran pesawat misionaris AMA dan MAF.
SARANA DAN PRASARANA TELEKOMUNIKASI
Hingga tahun 2022 kondisi infrastruktur jaringan telekomunikasi di Teluk Wondama berkembang sangat pesat. Pembangunan jaringan telkomsel dengan konektivitas 4G dihampir pelosok daerah Teluk Wondama bahkan sampai daerah kepulauan. Selain Pembangunan infrastruktur Jaringan Telekomunikasi oleh Telkomsel, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membangun 45 Menara Telekomunikasi Base Transeiver Station (BTS) pada beberapa daerah diTeluk Wondama dengan konektivitas jaringan 4G,dan juga telah terpasang internet ke rumah-rumah masyarakat seperti Indihome
Selain Menara BTS Kementerian Kominfo dan Dinas Komunikasi dan Informatika Teluk Wondama membangun Jaringan Vsat guna membantu proses pembelajaran pada persekolahan dan bidang kesehatan guna membantu pelayanan kesehatan pada daerah kepulauan dan pedalaman Teluk Wondama.
DATA BTS ( BASE TRANCIVER STATION) DI KABUPATEN TELUK WONDAMA TAHUN 2017-2022
No | Distrik/Kecamatan | Site | Tahun | Kapasitas | Keterangan |
1. | Teluk Duari | Sobey | 2017 | 4G | Telkomsel |
2. | Roon | Syabes | 2017 | 4G | Telkomsel |
3. | Roswar | Waprak | 2017 | 4G | Telkomsel |
4. | Rumberpon | Yembekiri | 2017 | 4G | Telkomsel |
5. | Wamesa | Yarpate | 2017 | 4G | Telkomsel |
6. | Windesi | Windesi | 2017 | 4G | Telkomsel |
7. | Nikiwar | Werianggi | 2017 | 4G | Telkomsel |
8. | Naikere | Naikere/Kampung Sararti RT.l | 2017 | 4G | Telkomsel |
9. | Rumberpon | Yari-yari | 2018 | 4G | Telkomsel |
10. | Teluk Duari | Yopanggar | 2018 | 4G | Telkomsel |
11. | Roswar | Yomber | 2018 | 4G | Telkomsel |
12. | Kuri Wamesa | Dusner/Moandairisi | 2018 | 4G | Telkomsel |
13. | Rasiei | Senderawoy | 2018 | 4G | Telkomsel |
14. | Windesi | Sombokoro | 2018 | 4G | Telkomsel |
15. | Nikiwar | Mamisi | 2018 | 4G | Telkomsel |
16. | Nikiwar | Werabur | 2018 | 4G | Telkomsel |
17. | Wamesa | Ambuar | 2018 | 4G | Telkomsel |
18. | Sough Wepu | Kaprus | 2018 | 4G | Telkomsel |
19. | Teluk Duairi | Aisandami | 2019 | 4G | Indosat |
20. | Teluk Duari | Sobey Warayaru | 2019 | 4G | Telkomsel |
21. | Rasiei | Sikama | 2019 | 4G | Indosat |
22. | Naikere | Jabore | 2019 | 4G | Telkomsel |
23. | Naikere | Sararti | 2019 | 4G | Telkomsel |
24. | Naikere | Wosimo Wombu | 2019 | 4G | Indosat |
25. | Naikere | Inyora | 2019 | 4G | Telkomsel |
26. | Kuri Wamesa | Nanimori | 2019 | 4G | Telkomsel |
27. | Kuri Wamesa | Sobiar | 2019 | 4G | Telkomsel |
28. | Wamesa | Karuan | 2019 | 4G | Telkomsel |
29. | Windesi | Sandey | 2019 | 4G | Telkomsel |
30. | Roon | Sariay | 2019 | 4G | Telkomsel |
31. | Roon | Menarbu | 2019 | 4G | Telkomsel |
32. | Roon | Niap | 2019 | 4G | Telkomsel |
33. | Rumberpon | Isenebuai | 2019 | 4G | Telkomsel |
34. | Roon | Indai | 2021 | 4G | Telkomsel |
35. | Roon | Yende | 2021 | 4G | Telkomsel |
36. | Roswar | Nordiwar | 2021 | 4G | Telkomsel |
37. | Kuri Wamesa | Yerenusi | 2021 | 4G | Telkomsel |
38. | Sough Wepu | Nuspairo | 2021 | 4G | Telkomsel |
39. | Sough Wepu | Siresi | 2021 | 4G | Telkomsel |
40. | Sough Wepu | Yarmatum | 2021 | 4G | Telkomsel |
41. | Rumberpon | Watitindau | 2021 | 4G | Telkomsel |
42. | Rumberpon | Iseren | 2021 | 4G | Telkomsel |
43. | Rumberpon | Yomakan | 2021 | 4G | Telkomsel |
44. | Wamesa | Sabubar | 2021 | 4G | Telkomsel |
45. | Sough Wepu | Reyob | 2021 | 4G | Telkomsel |
46. | Roswar | Syedi (Waprak) | 2022 | 4G | Telkomsel |
47. | Teluk Duari | Rowor | 2022 | 4G | Telkomsel |
48. | Windesi | Wamesa Tengah | 2022 | 4G | Telkomsel |
49. | Windesi | Sombokoro | 2022 | 4G | Telkomsel |
50. | Windesi | Yopmeos | 2022 | 4G | Telkomsel |
51. | Nikiwar | Werianggi Trans | 2022 | 4G | Telkomsel |
52. | Nikiwar | Tamoge | 2022 | 4G | Telkomsel |
53. | Naikere | Sararti/Goro | 2022 | 4G | Telkomsel |
54. | Naikere | Undurara | 2022 | 4G | Telkomsel |
55. | Naikere | Oya | 2022 | 4G | Telkomsel |
56. | Rasiei | Webi | 2022 | 4G | Telkomsel |
Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika Teluk Wondama,Bidang PIK Tahun 2022
Jumla BTS Terbangun(Tahun) | Jumlah |
2017 | 8 |
2018 | 10 |
2019 | 15 |
2021 | 12 |
2022 | 11 |
Total | 56 |
Sumber Dinas Komunikasi dan Informatika Teluk Wondama,Bidang PIK Tahun 2022